Selasa, 19 Mei 2015

Permaian kreatif



4. MENCIPTAKAN KEGIATAN KREATIF DAN REKREATIF
            Masing-masing regu berdiskusi untuk menciptakan permainan yang
            Kreatif. Setiap regu memperagakan hasil karyanya dengan melibatkan
            Semua peserta, regu yang menciptakan permainan sebagai pemandu.
            Macam- macampermainan yangdi ciptakan ;
            1.Lingkaran kertas besar  ( regu Kamboja )
                        Cara bermain:
Ø Siapkan 1 lembar kertas
Ø Kertas di lipat menjadi horizontal
Ø Sobek kertas dengan tangan dari kiri tidak sampai putus, kemudian dari kanan tidak sampei putus, teruskan sampai semua kertas
Di sobek semua
Ø Bagian tengah di putus dan bagian tepi di biarkan, kertas akan jadi
Lubang yang lebar

1.     Estafet Dasa Darma  ( regu Rajawali )
Cara Bermain:
Ø Siapkan no urut Dasa Darma
Ø No urut di tulis secara acak
Ø Peserta  yang berada pada barisan pertama menulis Dasa Darma yang
Berada pada no paling atas
 Ø Paserta yang telah menulis kembali kebarisan, posisi yang paling belakang.
Ø Peserta berikutnya kemudian menulis Dasa Darma no berikutnya,
begitu dan seterusnya sampei 10 butir Dasa Darma di tulis semua.
Ø Regu yang paling cepat dan benar yang mendapat penghargaan
2.     Perang Bintang (regu melati )
Ø Setiap regu menyiapkan 5 anggotanya
Ø Di siapkan nama-nama binatang sebanya peserta  yang ada
Ø Masing- masing perserta mengambil satu lipatan kertas yang telah disiapkan.
Ø Masing- masing peserta di minta membuka lipatan kertas yang telah
Diterimanya, kemudian pesrta membentuk regu sesuai dengan nama
Binatang yang di bawanya.
Ø Setelah terbentuk regu , kemudian bentuk barisan berbanjar, pormasi seperti bintang.
Ø Mulailah permainan, regu yang pertama kena tembak oleh pembina
Segera menembak musuh ( regu ) yang lain
Ø Cara menembak ,peserta no urut 5 ( paling belakang) mengucapkan
“ ada musuh “, pesertano urut 4 mengucapkan “ awas “, peserta no urut 3 mengucapakan “siap” , perta no urut 2mengucpkan “ tembak “
Peserta no 1 mengucapkan “ dor “ sambil menunjuk nama regu lain
Sebagai sasaran tembak.
Ø Peserta yang telah menembak lari mengambil posisi barisan keno urut
5, sehingga no urut 4 majuke posisi no urut 1 dan seterusnya,saling menembak regu yang lain sampei permaian selesai.
            Penilaian:
Ø Regu yang salah menembak / tidak sesuai sasaran tembakdi kenai sangsi.
Ø Reguyang melakukan 3 kali kesalahan akan di beri penghargaan
Tujuan yang ingin dicapai dalam permainan ini :
Ø Meningkatkan konsentrasi
Ø Menciptakan kreatifitas


Ø Meningkatkan kerja sama
Ø Meningkatkan kekompakan

3.     Tongkat Karakter
Cara Bermain:
Ø Di siapkan satu tongkat
Ø Setiap regu di minta untuk memperagakan sebuah karakter tertentu
Dengan menggunakan tongkat tersebut.
Ø Regu yang lain diminta untuk menebak karakter yang di peragakan
Ø Regu yang berhasil menebak bisa istirahat
Ø Apabila gerakan tidak bisa di tebak poin di berikan kepada regu yang memperagakan karakter.
4.     Lompat Tongkat
Cara Bermain :
Ø Peserta berbaris berbanjar dengan membawa tongkat
Ø Peserta no urut 1 dan 2 menyatukan tongkatnnya.
Ø Kedua tongkat di pegang dua ujungnya sambil jongkok.
Ø Tongkat di tarik ke belakang sambil peserta yang lain melompat.
Ø Terus saling bergantian sampei semua pesrta berkesempatan melompat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar